visual studio 2005

Pengantar tulisan ini merupakan hasil diskusi dengan seorang ‘teman tapi tidak mesra’  (untuk selanjutnya disingkat tttm), yang bisa dianalogikan sbb:

wiwi : “aku pengen buruan belajar datawarehouse nih, tapi aku gak sanggup coding java and gak ngerti oracle”.

tttm : “gini..kalo kau gak sanggup ke senayan naek taxi, naeklah busway.. ”

wiwi : …..(cengok)

tttm : “heuhhh…pasti gak ngerti….maksudku..coba layer atasnya..pake .net and ms sql..kalo kau gak sanggup juga, mending jadi tukang jamu aja deh, jangan jadi programmer”

….hik hik…akan selalu kukenang petuah bijakmu duhai teman….

Maka dengan semangat 45 yang berkobar kobar,  Dedi Dores (Diiringi dengan doa restu) dan cipika cipiki rekan sejawat (hiperbola hiperaktif)..maka saya membeli cd Microsoft Visual Studio 2005 (yang ternyata toolsnya for Microsoft Office System 2003).

Pas install ada alert “system need Office 2003 pack 1….”,  padahal Office dah yakin complete installnya, akhirnya upgrade windows dulu ke http://www.msdn.com, baru deh lancar instalasi nya.

Di Visual Studio ini otomatis telah terinstal Sql Server 2005, tapi baru versi ekspress, sebatas engine, untuk bisa modifikasi database nya masih diperlukan Microsoft SQL Manajemen Studio yang nanti jadi GUI nya.

Ada beberapa masukan dari senior di milis .net, bahwa .net 2008 itu lebih cepat prosesnya dari .net 2005 dan lebih fleksibel, karena bisa menggunakan paltform dari .net 2.0 sampai .net 3.5,  juga sudah support Ajax.

Satu lagi yang mengganjal saya yaitu hubungan vb.net dan asp ..ternyata jawabannya = VBScript bisa digunakan untuk server-side script ASP , meskipun VBScript bukan bahasa satu-satunya untuk ASP.

Akhirnya jadi pengen nyoba .net 2008. Tutorial untuk datawarehouse pun sebenernya yg ada menggunakan .net2008&mssql2005, di ilmukomputer & sonny setiawan

Baiklah…sekian dulu…Salam Hangat penuh Semangat….Banzai! 😀

Advertisements

2 Comments (+add yours?)

  1. online
    Jan 05, 2010 @ 08:06:21

    Terima kasih untuk blog yang menarik

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: