BI MSSQL Server 2008

Saya mau meralat tulisan saya di Hadoop vs KCB di baris trahir saya bilang “..mssql dibutuhkan tambahan Microsoft SQL Server Integration Services (SSIS) & Microsoft SQL Server Analysis Services (SSAS) untuk proses ETL…”,
yang benar dibutuhkan Microsoft SQL Server Integration Services (SSIS) untuk proses ETL dan Microsoft SQL Server Analysis Services (SSAS) untuk proses OLAP dan DataMining.
Sekaligus saya mo cerita track saya belajar BI SQL Server :
1. install MSSQL Server 2008 Enterprise Standard (express msdn), disana sudah include Ms Visual Studio 2008, dan tentu saja SSIS dan SSAS-nya.
2. bila perlu install Excel 2007 karena Excel ini sudah memungkinkan deliver data mining SQLServer 2008.
3. install sampel project analysis service AdventureWorks DW 2008, pastikan clean. sample bisa di dw
4. ikuti tutorial Essential_SQL_Server_2008_BI, Hendrik Sudianto. Bahasa Indonesia loh :D.

Selamat belajar.

3 Comments (+add yours?)

  1. adrian
    Nov 16, 2009 @ 08:15:57

    kalo pake 2005 bisa gan bro

    Reply

  2. wigati10
    Nov 16, 2009 @ 13:33:22

    bisa bro, dah support tuh, saya pake 2005 gara2 sample nya jalan di 2008 aja. :D. sukses ya.

    Reply

    • wigati10
      Nov 16, 2009 @ 17:41:12

      😀 jadi belepotan. Maksud saya, awalnya saya cobain pake MSSQLServer 2005, bisa sih, tapi masih belum ngerti fungsi2nya. Karena kebingungan, dan kebetulan lihat tutor indo yg pake 2008, saya upgrade deh pake 2008.

      Reply

Leave a Reply

