Pelangi Terbalik

Saya pikir saya sudah sering menghadapi pengalaman yang memantapkan taqwa saya, saya pikir juga akan mampu selalu mengambil hikmah, tapi kejadian ini membuat saya tak kuasa bahkan untuk sekedar menceritakannya kembali, butuh beberapa hari untuk menyusunnya, dan 1 postingan tumbal untuk menggantikannya (itu karena saya kelamaan flashback, bengong aja depan dashboard WP).

Sore itu saya sedang sibuk membuat takjil, sekilas saya lihat di pagar berdiri sesosok perempuan, tapi karena tak kunjung masuk, saya pikir sekedar berteduh, jadi saya lanjutkan sibuk saya. Sesaat setelah beres, ada ketukan pintu, rupanya perempuan yang di depan pagar tadi.
Saya = “Silahkan masuk bu”
Beliau = “Permisi, maaf ya bu, saya nunggu depan tadi, kayak-kayaknya ibu lagi sibuk soalnya”.
Indikator taqwa saya serasa turun 1 strip, kapan ya saya memuliakan tuan rumah ketika bertamu.
Saya = “Silahkan duduk bu”
Beliau = “Ah gak usah, saya sini aja” katanya sambil berdiri canggung memegang ujung bajunya yang sederhana, berusaha menekuk kakinya, sendal jepitnya beda warna.
Beliau = “Oh iya, saya Supri bu, mpok (pembantu yang tidak menginap) di rumah ntu” menunjuk dengan jempolnya ke rumah di ujung blok.
Indikator taqwa saya turun lagi, ternyata saya belum mengenal orang2 di lingkungan dengan baik.
Saya = “Oh gitu, maaf ya, saya belum kenal ibu”
Beliau = πŸ˜€ “gak apa..ehmm..engg..ini bu, saya mau nawarin lulur, kalo2 ibu butuh”
Saya sebenarnya tidak perlu, tapi tidak apalah… siapa tau nanti2 juga perlu.
Saya = “Berapa ini bu?”
Beliau = “35ribu”
Saya baru ingat = “..oh iya…Ibu kembali kesini lagi lusa ya, saya beli satu, tapi uang saya hanya ada 20ribu, ini barangnya ibu bawa dulu saja, lusa saya lunasi”
Beliau diam menunduk.
Saya pikir beliau takut saya hanya ‘lip service’ saja= “Bener kok bu, saya bener beli 1”
Beliau = “ehmmm…engg…anu..bu..gini…kalau boleh..ini sudah sore, hari ini saya belum shodaqoh..saya terima uang 20ribu itu sisanya saya niatkan…” beliau tidak melanjutkan katanya2 tapi tangannya bergetar mengangsurkan tabung lulur.
Kali ini indikator taqwa saya terjun bebas,
saya…s a y a…S A Y A…menerima shodaqoh dari perempuan sederhana ini, logika saya jungkir balik,
– apa saya masuk reality show ?
– apa ini modus penipuan baru?
– apa..kenapa saya?
Lalu gelombang itu datang, memperlambat jantung, membuat merinding, mencekat kerongkongan dan mengalirkan panas ke pelupuk mata, saya baru sadar, indah sekali cara Yang Maha Bijak menegur.
Susah payah saya mengeluarkan suara = “Saya terima bu, saya terima”
……
Moment selanjutnya yang meruntuhkan saya, senyum ikhlas bu Supri serupa pelangi terbalik.

14 Comments (+add yours?)

  1. musafir
    Sep 04, 2009 @ 20:43:45

    Subhanallah..
    Serupa malaikat yang mendatangimu..
    Gak semua orang bisa merasakan moment yang demikian..
    Bersyukurlah.

    Salam

    Reply

    • wigati
      Sep 05, 2009 @ 11:14:30

      πŸ˜€ iya, gaulnya masih sama yg ‘bukan malaikat’, begitu ada yg baik begini, kaget deh..
      semoga ini jadi pengingat πŸ™‚

      Reply

  2. bibit m
    Sep 04, 2009 @ 23:31:09

    Saat aq turun dari bus … lalu …
    Aq = Mas (tkg becak/TB)! Ke kelurahan brp?
    TB = Sepuluh ewu pak!
    Aq = Ah … cuma dkt kok 10rb … 5 ato 7rb kali …?
    TB = Yo wis pak … sampeyan cari becak lain saja!

    Tanpa omong, tanpa pikir panjang … kuhampiri TB yg lain …. bapak2 … kecil … kurus … sdh lumayan berumur
    Aq = Pak … teng kelurahan pinten?
    TB = Lah pun monggo pak … biasane pinten
    Aq = Limang ewu (5rb) nggih!
    TB = Pun monggolah pak … menawi pancen rejeki kulo
    semanten (ya udah pak … kali rejekiku emang segitu)

    Naiklah aq ke becaknya … dan dengan keringat bercucuran aq diantarnya sampe ke kelurahan. Aq turun … kusodorkan uang 20rb.

    TB = Wah boten enten susuke pak! (Wah gak ada kembalian
    nya, pak!) Kulo nembe narik pisan (ket. : sblm-nya dia
    blm dpt penumpang, aq-lah hari itu yg jadi
    penumpang pertamanya)
    Aq = Ya udah pak, sisanya ambil saja … hari ini aq blm
    shodaqoh.

    Jadilah TB yg rendah hati itulah yg terima shodaqohku … bkn yg sombong tadi!

    Reply

  3. Afif
    Sep 05, 2009 @ 16:39:35

    Wah, pengalaman yg menarik ..
    Terkadang teguran itu datang dengan cara yg selembut-lembutnya. Slm knl πŸ™‚

    Reply

  4. guskar
    Sep 06, 2009 @ 08:20:30

    si ibu itu mendapatkan 2 keuntungan πŸ™‚
    keuntungan dunia, krn bisa jd yg 20rb sdh ada untungnya
    keuntungan akhirat, shadaqah 15 rb
    **tp klo begini, si ibu apa nggak terlalu besar ngambil margin untungnya, mosok >50% ya?

    Reply

  5. alamendah
    Sep 07, 2009 @ 21:30:41

    bloghicking, malam2…

    Reply

  6. Iklan Gratis
    Sep 10, 2009 @ 14:11:22

    “..ini sudah sore, hari ini saya belum shodaqoh..”
    Subhanallah .. bisa mengupayakan tuk shodaqoh di tiap harinya .. taulandan yang sangat perlu ditiru ..

    Mengembalikan Jati Diri Bangsa

    Reply

  7. beben_ajah
    Oct 17, 2009 @ 09:58:27

    Pengalaman yg indah..
    nice posting wig..

    Reply

Leave a Reply

