Lemah lembut

Di acara kumpul2 jumat sore,
Dia menghampiri saya = “Wi, kemaren aku ke retail HP yang kamu bilang itu loh”
Saya = “Oh ya? jadi beli?”
Dia = “Ndak..barangnya memang bagus2, banyak pilihan, tapi, sales-nya itu loh, judes2..males aku..eh, eh, waktu aku kesana, ada cerita deh, gini..gini” katanya sambil beringsut-ingsut menata jarak agar saya bisa melihat wajahnya.
Dia = “Waktu itu aku lagi di depan mbak2 sales itu. Gak lama, ada Bapak2, tampilannya sederhana, dia muter2 lihat HP yang di display, beberapa sales ngangkat mukanya sebentar terus sibuk sendiri, terus si Bapak duduk di sebelahku, depan mbak2 sales yang lain. Si mbak sales males2an ngasih salam selamat datang.”
Si Bapak2 nanya = “Mbak, saya dengar disini ada program bunga 0% kalau beli blackberry pake ‘Permata'(bank)”
Si mbak2 = “Iya”
Bapak2 = “Kalau saya belinya pakai kartu anak saya, apa ada syaratnya ya mbak?”
Si mbak2 = “Bapak pakai kartu debet apa kredit nih?” nada suara si mbak disabar-sabarin
Bapak2 = “Ooo harus pakai kartu kredit PermataBank?”
Si mbak ketawa sambil toleh2 ke arah teman2nya = “Iya bapakkkk, kalo pake debet kan keitungnya beli cash, tunai, gituuu”
Bapak2 = “ooo”
Si mbak2 beres2 meja. Si Bapak nelpon seseorang. Si mbak mo berdiri dari duduknya.
Tiba-tiba si Bapak = “Mbak, saya jadi beli Blackberry-nya, 2”, sambil nunjuk gambar BB Javelin & BB Gemini di pamflet terus ngasih kartu debet ke si mbak sales.
Si mbak sales yang sudah berdiri, diem, bilang Iya, trus ambil barang2&buku2, masih dengan gaya males2an ngelayani si Bapak, tapi mukanya merah banget.
….
Dia = “Itu lah ya wi, kita jangan ketipu sama ‘kulit’ orang ya?”
Saya ngangguk2 setuju, sembari noleh ke arah pot bunga saya. Ceritanya saya punya bunga, apa yah namanya, (saya suka nanam bunga, tapi suka lupa2 nama bunga :D), ini gambarnya, sebelum dan sesudah :
 

Bunga ini di masa-masa jayanya punya bunga warna merah yang cantik, tapi sejak 2 minggu lalu, daunnya makin sedikit, tangkainya layu. Saya sempat curiga mbak asisten lalai nyiram atau ada anak2 tetangga yang iseng cabut daunnya. Sampai akhirnya, saya tahu siapa yang sudah membunuhnya, dia adalah..*jreng jreng jreng*…Bekicot..sodara-sodara
Saya gak ngira, bekicot yang sepertinya lelet lembut itu bisa makan batang keras, yang berduri-duri pula.

Saya langsung belajar = Jangan meremehkan ‘kekejaman’ si lembut apalagi ‘kekuatan’ si lemah
 

49 Comments (+add yours?)

  1. Cahya
    Mar 13, 2010 @ 05:12:16

    Sekilas tidak tampak seperti tanaman yang sama 😀

    Reply

  2. nurhayadi
    Mar 13, 2010 @ 06:06:31

    Kadang saya jg tertipu dengan penampilan, ketika datang berobat dengan pakaian biasa, pikirku kalau opname paling kelas 3, ato 2, ternyata setelah pesen kamar, super VIP, wow, ternyata di desa dia juragan sapi perah.

    Reply

    • wigati10
      Mar 13, 2010 @ 08:40:22

      iyah, kesan pertama memang dari tampilan, saya ngerasa susah sih tetap berpikir ‘baik’ sama orang ‘biasa’, tapi mungkin hrs dibiasakan 🙂

      Reply

  3. fai_cong
    Mar 13, 2010 @ 10:42:44

    Ew…
    Bekicot…
    Enak loh katanya bekicot,
    Tp ada bilang itu subhat.
    Au ah sulap…

    Reply

  4. fai_cong
    Mar 13, 2010 @ 10:43:18

    Ew…
    Bekicot…
    Enak loh katanya bekicot,
    Tp ada yg bilang klu bekicot itu subhat.
    Au ah sulap…

    Reply

  5. abughalib
    Mar 13, 2010 @ 13:21:10

    penampilan memang kadang menipu

    Reply

  6. Didien®
    Mar 13, 2010 @ 14:47:22

    duhh…prihatin banget kalo liat seorang pelayan yg kurang ramah..terkesan meremehkan pembeli hanya melihat dari penampilan….astaghfirullah….

    Reply

  7. d-Gadget™
    Mar 13, 2010 @ 14:49:06

    mudah²an pelayan seperti itu segera di tegur sama bosnya ya mbak..amin *pecat*

    Reply

  8. Aliaz
    Mar 13, 2010 @ 17:03:46

    Tentang bapak2 tadi..
    Soal beli atau tidak, beliau berhak mendapatkan pelayanan yang terbaik.
    Dan sales yang baik adalah melayani dengan tulus.

    Reply

    • wigati10
      Mar 13, 2010 @ 19:04:29

      iya mbak, jangan hanya tergiur harga murah saja, kita konsumen juga harus mendidik pelayanan ‘sehat’, ini baru beli, belum kalo nanti complain pas ada masalah sama barangnya, wah..( tapi saya tetep salut sama si bapak deh 🙂 )

      Reply

  9. tyan's
    Mar 13, 2010 @ 19:19:23

    sifat wanita banget…,

    Reply

  10. sunarnosahlan
    Mar 13, 2010 @ 20:56:40

    dalam hal jasa pelayanan adalah yang utama, bisa jadi seseorang gagal membeli sesuatu bukan karena harganya yang terasa mahal tapi karena pelayanannya yang kurang komunikatif, saya termasuk yang tak suka dengan gaya pelayanan yang semau gue.

    Reply

    • wigati10
      Mar 14, 2010 @ 06:17:10

      iya, saya tegur biasanya mas, kalo ada yg semaunya gitu, “mbak senyum donk, gak enah nih yang mo beli” terus saya tinggalin, eh tapi ini gak berlaku kalo sales-nya laki2 😀

      Reply

  11. didot
    Mar 13, 2010 @ 21:49:15

    mbak ,ceritanya bagus,keduanya adalah cerita dengan ekstrim yg berbeda. kayak paradoksnya. keren abis:D

    kita emang gak boleh meremehkan orang dari luarnya.

    jadi inget cerita kebijaksanaan dari cina,ini saya kutipkan disini ya :

    “ sekarang, lihat dan katakan apakah kamu dapat melihat lidahku,” kata chang cong, menundukkan dagunya dengan susah payah.

    “ya.”

    “ apakah kamu melihat gigiku?”

    “tidak. Tak ada gigi yang tersisa.”

    “kamu tahu kenapa?” Tanya chang cong

    “aku rasa,” kata lao tzu berpikir sejenak,

    “ lidah tetap ada karena lunak. Gigi rontok karena mereka keras. Benar tidak?”

    “ ya, anakku,” angguk chang cong.

    “itulah kebijaksanaan di dunia. Aku tidak punya apa2 lagi untuk diajarkan kepadamu.”

    Di kemudian hari, lao tzu mengatakan : “tidak ada sesuatupun di dunia yang selunak air. Namun tidak ada yang mengunggulinya dalam mengalahkan yang keras. Yang lunak mengalahkan yang keras dan yang lembut mengalahkan yang kuat. Setiap orang tahu itu,tapi sedikit saja yang mempraktikkannya.”

    -Shuo Yuan (abad 1 S.M) “

    Reply

  12. doelsoehono
    Mar 13, 2010 @ 23:20:38

    Assalamuallaikum .

    gimana kalau begini aja ,,,,,, santai dalam pemikiran ….serius dalam penampilan .

    enak to …?

    Reply

    • wigati10
      Mar 14, 2010 @ 06:19:46

      waalaikumussalam wr wb,
      😀 iya sih, tapi gak saklek kali ya pak, kalo olahraga gimana mo serius tampilan?

      Reply

  13. doelsoehono
    Mar 13, 2010 @ 23:22:30

    keramahan dalam bidang jual beli sangatlah penting ..karena itu sedikit menjadi pemikat pada si pembeli .

    Reply

  14. orange float
    Mar 13, 2010 @ 23:29:10

    dulu saya pernah ngalami seperti itu, terkadang pas lagi malesan dandan pakai baju seadanya trs pergi belanja. ya ngak dianggap gitu. padahal saya emang bener-bener mau beli. sebel ngak sih….

    Reply

    • wigati10
      Mar 14, 2010 @ 06:23:04

      heheh sama, pas lagi males dandan tapi butuh sesuatu, iyah bikin ‘sebel’ sebentar, tapi habis itu ya jalan2 hunting2 lagi, EGP….:D

      Reply

  15. iuef
    Mar 14, 2010 @ 08:11:37

    wah, itu seduri-durinya di embat abis?? eh baru tau bekicot makan tanaman… asalnya sih nggak tau bekicot makannya apaan…

    don’t judge the book from it’s cover, right?

    Reply

    • wigati10
      Mar 14, 2010 @ 14:01:13

      hehehe…kalau makan bekicotnya udah pernah belum yu?..
      Right, although the first impression is from its cover 🙂

      Reply

  16. The Fachia
    Mar 14, 2010 @ 08:24:05

    Wah, mantap mas pilosofinya. makasih.. 🙂

    Reply

    • didot
      Mar 14, 2010 @ 11:56:48

      mbak kali maksudnya??;p hehehehehehehe *lirik2 wigati:D

      Reply

    • wigati10
      Mar 14, 2010 @ 14:04:06

      @fachia = sama2 :D..
      eh, kenalan dulu yuk bang, daku si tukang tulis disini adalah perempuan *sesuai KTP loh hehehe
      @mas didot = makanya jangan sebelahan deh mas, ketuker mirip2 nih kita jadinya *mandang lurus walau dilirik2, coz curiga sama kekernya wkwkwk

      Reply

  17. Bang Aswi
    Mar 14, 2010 @ 10:29:25

    Hmmm, mending jadi orang yang lemah lembut tapi punya kekuatan ya? Dan di sekeliling kita banyak kok yang seperti itu. Para bos biasanya santai dan berpenampilan seadanya, sementara asisten atau bawahannnya cenderung arogan dan so nge-boss. Pernah ada orang yang sok ngeboss di pameran buku (kelihatannya seperti yang punya penerbitnya alias owner), tapi pas ditanya ke SPG-nya, ternyata dia hanyalah sang supervisor … OMG!

    Reply

    • wigati10
      Mar 14, 2010 @ 14:10:58

      biasanya orang yang banyak pengalaman, banyak pendidikan, emang jd kyk padi ya mas, makin jd pencerahan, gak kyk yang ‘kosong’, ‘nyaring’ doang gayanya..semoga jd pelajaran buat kita 🙂

      Reply

  18. shaleh
    Mar 14, 2010 @ 17:15:28

    Saya suka kata2 penutup tulisan ini “Jangan meremehkan ‘kekejaman’ si lembut apalagi ‘kekuatan’ si lemah”. Sesuatu memang tdk bisa dilihat dari lahirnya saja krn ia bisa menipu, jd slain mata juga gunakan hati dalam melihat sesuatu.

    Reply

  19. Caride™
    Mar 14, 2010 @ 17:33:03

    bagaimanapun bentuk dan rupa si pembeli, seharusnya di layani bak raja,,,dan di hormati bak presiden…
    salam sore hari

    Reply

  20. Ompoer
    Mar 16, 2010 @ 21:48:13

    jangan lihat dari bungkus nya tapi isi nya……
    begitulah kira-kira perumpamaan nya

    Reply

  21. Trackback: To judge or not to judge « journal hadidot
  22. Asop
    Mar 18, 2010 @ 21:33:02

    Wah, bekicot emang hama itu…. Di kosan saya, setiap ada bekicot, langsung ambil, dilempar deh ke jalan luar rumah… :D:D

    Reply

    • wigati10
      Mar 19, 2010 @ 06:01:21

      haduh, jangan dilempar donk mas, kesian nanti dia kelindas motor/mobil, dibuang ke sungai ato kemana gitu *jd mikirin nasib bekicot, ditaruh dimana ya, biar gak nganggu?* 🙂

      Reply

  23. Stova
    Mar 19, 2010 @ 21:20:44

    bekicotnya jahat… jd ga bisa ikut menikmati kejayaannya bunganya deh. hehe.

    tukeran link yuk mba. aku pasang duluan yah linknya di blog ku. 🙂

    Reply

Leave a reply to didot Cancel reply