Semacam Remeh (Temeh)

Menjelang dapat umur baru, kok jadi agak melankolis ya..(ngeles, tadinya mau ngaku, kata temen2 saya jadi mikir&melakukan hal yg gak perlu :D).
Maksudnya mikir hal2 kecil ini:
1. sariawan
2. semut
3. buku
 
Dari semua analisa penyebab&resep sariawan, yang paling top analisa dari Dinda, 9 tahun : “wah gak mau rujak? oooh Tante sariawan ya, hmmm jangan2 Tante jarang baca Quran tuh hehehe?” nyengir tanpa dosa, gigi depannya baru tumbuh lagi.
Anak kecil pun bisa punya nasehat aneh yang top.
 
Pagi-pagi lihat kue di meja makan dimakan semut, ok lagi sabar, kuenya dicuil trus pindahin ke kulkas. Malamnya, dengan riang gembira (karena sorenya sudah dikasih tau ada oleh2 nasi bebek) buka tutup meja makan, dan yakkk bebeknya disemutin. Tanpa babibu, mejanya saya lap pakai lap basah, trus berusaha bicara sama semut sambil coret2 meja pakai kapur semut “Gimana sih mut, kan tadi pagi udah dikasih kue, bebeknya jangan dimakan dong”. Nah waktu itu, melihat semut yang terngesot2 keluar dari meja licin yang sudah digaris2, saya jadi mikir..semut itu umurnya cuman 2 tahun, semena-mena saya potong jatahnya gara2 bebek.
Gimana kalau saya yg kepotong jatahnya, padahal sudah hampir 15 kali umur semut??
 
Buku,
di novel, alurnya, ada pengantar, konflik, klimaks, penyelesaian.
di buku panduan, semacam Lonely Planet, bisa ditemukan arah&tempat apapun.
Oooo ternyata, hidup bukan buku, tidak bisa selalu teratur dan terarah.
 
Remeh kan, kalau hal besar yang harus dipikirkan, apa ya? <- ketauan gak pernah mikir hal2 besar 😀
 

Advertisements

71 Comments (+add yours?)

  1. Asop
    Apr 08, 2010 @ 07:06:56

    Ini hal kecil yg ga pernag terpikirkan sebelumnya… 😐
    Saya sih simpel2 aja… 😆

    Reply

  2. Cahya
    Apr 08, 2010 @ 07:12:46

    Ketika orang berpikir-hal-hal kecil semuanya jadi lebih jelas, tapi semakin banyak hal kecil yang dipikirkannya, pikirannya jadi lebih rumit dibandingkan segulungan benang.

    Tapi toh gulungan benang itu yang suka dimainkan oleh para kucing 🙂

    Reply

  3. nakjaDimande
    Apr 08, 2010 @ 08:24:14

    3 hal yang Wi pikirkan tsb sama sekali ngga remeh.. sariawan, semut dan buku adalah 3 hal yang bisa bikin wi meringis-ringis. Bahkan nicholas saputra pun belum tentu mampus bikin wi meringis..

    terus terang bundo sangat suka memikirkan hal2 ‘besar’ semacam nicholas itu..

    Reply

    • wigati
      Apr 08, 2010 @ 11:31:44

      ahhh benar, itu ‘besar’ ya Bun..wawasanku memang perlu dibuka Bun, sejak kenal yg ‘besar’ cuman Will Smith, Tomi Lee Jones& Shahrukh Khan…sip, anak memang jatuh tak jauh dari induknya..hihihihi

      Reply

  4. nakjaDimande
    Apr 08, 2010 @ 08:25:11

    ha ha kok mampus siyh? tolong edit ya Wi.. hilangkan huruf s nya.. 😀

    Reply

  5. wawansri
    Apr 08, 2010 @ 09:26:56

    ” jangan2 Tante jarang baca Quran tuh hehehe?”
    kena kritik ama anak kecil ni….

    Reply

  6. Sapril
    Apr 08, 2010 @ 10:24:32

    …*Berusaha memikirkan hal yang besar, menjawab pertanyaan yang paling akhir* haduhh… maaf, belum ketemu ^_^V

    Reply

  7. nh18
    Apr 08, 2010 @ 10:32:50

    Just wanna say …
    DUA HARI LAGIIII …

    Reply

    • wigati
      Apr 08, 2010 @ 11:47:17

      yah terimakasih..terimakasih..*benerin jilbab, disorot lampu*..silahkan duduk kembali hadirin, count down ala happy new year ini akan dimeriahkan aktraksi dari Tommy Lee Jones a.k.a John Cusack…
      *ow narsis elekhan ternyata benar nikmat* wkwkwk

      Reply

      • nh18
        Apr 08, 2010 @ 21:20:29

        lho baru tau ya …
        kalau narcis eiylekhan itu nikmat …
        aku aja ketagihan jeh …

        (padahal pembaca Blog ku pada mau muntah ya …?)

  8. didot
    Apr 08, 2010 @ 11:09:17

    hal besar adalah hal2 kecil yang dilakukan secara kontinyu…

    ditunggu ultahnya mbak wiwi tersayang hahahahaa ,betul kan om nh?? 😉

    Reply

    • wigati
      Apr 08, 2010 @ 11:55:03

      hmm, comment yang sama sekali tidak remeh…setujulah aku…
      waaaa, kalo mao nodong jangan ajak2 si om dong, pasti gak tega aku nolak ‘senior’ soalnya *pis lah om, salam manis* ;;)

      Reply

  9. nurhayadi
    Apr 08, 2010 @ 11:32:07

    Artikan peribahasa ini.”Bebek mati meninggalkan semut. Semut mati meninggalkan tulisan.”

    Reply

  10. iuef
    Apr 08, 2010 @ 11:48:59

    wuaaa… remeh, tapi menohok… heuheuheu

    Reply

  11. Oyen
    Apr 08, 2010 @ 12:12:55

    whoaaaa…mo ultah ya, semoga sisa umurnya semakin berkah ya Mbak Wi, gak penting berapa banyak jumlah umur kita yang penting bagaimana kita menghabiskan umur kita…

    jangan lupa tambah terus amalnya, terutama kasih gratisan sama panda yang kurang gemuk ini….ho..ho :p

    Reply

    • wigati
      Apr 08, 2010 @ 12:51:39

      amin ya rob..amin..semoga kebaikan yang lebih dari doanya untukku tercurah untuk Oyen…
      hohohoho, jangan gemuk2, panda juga bisa ‘kolestrol’ *sotoy lagi* 😀 ehehe

      Reply

  12. mahesapandu
    Apr 08, 2010 @ 13:20:13

    Filosofi bola es.. Dari kerikil kecil yang meluncur, kemudian turun menggumpal, bergulung semakin menggulung dan akhirnya menggunung.

    Tidakkah semua hal besar terlahir dari hal kecil.

    Reply

    • wigati10
      Apr 08, 2010 @ 20:24:28

      hmmm iya juga ya mas, betul ini. Jarang2 ada yang besar terus mengecil, kecuali gunung gamping dkk.
      Terimakasih commentnya yg logika banget ini 🙂

      Reply

  13. anna
    Apr 08, 2010 @ 13:48:31

    mbak, bukannya dari yang kecil-kecil itu bisa menjadi besar (kalo disiramin) hehe.. pohon kali…

    tapi kan dari hal kecil dari sekitar kita, pasti akan ada pelajaran yang bisa diambil.

    btw, persiapan ultah nih yeee.. 🙂

    Reply

    • wigati10
      Apr 08, 2010 @ 20:27:41

      mbak anna, commentmu selalu menyejukkan aku *beneran bagai pohon* 😀
      setuju mbak, gak ada yg remeh, pasti ada pembelajaran.
      hehehe siap2 nambah umur nih, jd malu aku*sembunyi balik pohon..*pohon lagi*

      Reply

  14. Usup Supriyadi
    Apr 08, 2010 @ 14:10:10

    yang penting jangan membesar-besarkan hal kecil, dan memperbesar-besarkan masalah yang memang sudah besar. semua letakkan pada tempat.a

    mbak’e, itu kan tadi ada fragmen mbak’e bicara dengan si emut, nah dia jawab apa ya mbak’e? 😆

    Reply

    • wigati10
      Apr 08, 2010 @ 20:31:21

      Kesimpulan penting ini mas, comment penting, terimakasih ya.
      ** gak jawab apa2 tuh mas, melengos aja, biar si homosapien ini mikir tindakannya mungkin 😀

      Reply

  15. sikupu
    Apr 08, 2010 @ 15:18:59

    Menarik kok, mbak…

    Nasihat baca Qur’an-nya Adek Dinda oke juga tuh ^_^

    Reply

  16. orange float
    Apr 08, 2010 @ 18:05:56

    yuk kita nyanyi bareng “cemut cemut kecil saya mau tanya apakah kamu di dalam tanah tidak takut gelap……”

    Reply

  17. start@2010
    Apr 08, 2010 @ 20:08:29

    sangat menarik 🙂

    Reply

  18. ihsan
    Apr 08, 2010 @ 20:10:12

    yang besar selalu dimulai dari kecil, kecuali Sang Pencipta

    Reply

  19. sunarnosahlan
    Apr 08, 2010 @ 23:57:34

    semut? Aku malah pernah diharuskan menghitungnya ketika praktikum Entomologi

    Reply

  20. muhammad zakariah
    Apr 09, 2010 @ 04:53:01

    memikirkan hal yg besar akan menghasilkan hal2 yg besar jg.. begitupun sebaliknya..
    ada jg hal yg besar berawal dari hal yg kecil.. hal yg kecil akan menghasilkan hal yg kecil jg.. inilah hukum alam.. hehe

    Reply

  21. sapta
    Apr 09, 2010 @ 04:55:39

    hmm.. mau ultah yah.. semoga makin berkah aja deh umurnya.. makin tinggi amalnya.. amal yg besar dimulai dari perbuatan amalan yg kecil.. semoga makin bermanfaat aja buat semua orng.. amin.. 😀

    Reply

  22. d.e.q
    Apr 09, 2010 @ 05:36:40

    uHo .. Lama ga BW.. Mbak wigati ganti thema toh? Tambah bagus ajah

    Reply

  23. agus prist
    Apr 09, 2010 @ 11:04:52

    kematian adalah kehidupan, dialah jantung keabadian, gerbang penentuan kebaikan dan keburukan kebahagian dan penderitaan keimanan dan kekufuran.
    kematian adalah kehilangan, dialah pemutus hubungancita cita dan harapan nafsu yang dibiarkan.
    kematian adalah awalan awal dari sebuah perjalanan perjalanan tanpa berkesudahan….
    “begitulah Bu wiwig sing manis. Selamat Ulang Tahun Semoga di beri Panjang umur agar bisa mengumpulkan apa yang akan dipertanyakan diakhir kematian nanti.
    Oh hya kamu masih ingat gak dulu waktu kamu ultah pernah aq beri hadiah apa ayo…”

    Reply

    • wigati
      Apr 09, 2010 @ 14:51:18

      hoooo??? in mas agus pristiawan ya? kok emailnya ganti mas…apa kabar? wah jadi malu aku 😀
      Amin ya Rob, mugi kebaikan yang lebih2 buat mas sekeluarga juga. Ingat :), pocket book, Baik Menjadi Orang Hebat. Hanyut loh buku itu mas, sempat dipinjem Bapak terus aku bawa ke Bandung, eh kintir pas banjir. …Terimakasih ya..

      Reply

  24. and1k
    Apr 09, 2010 @ 14:17:22

    kadang kadang emang gak kepikiran juga ya

    Reply

  25. nh18
    Apr 09, 2010 @ 14:37:24

    Wig …?

    B.E.S.O.K

    Reply

  26. doelsoehono
    Apr 10, 2010 @ 07:44:43

    kulonuwun .

    lebih eunak kita tidak menganggap yang kecil terus di remehkan

    Reply

  27. nh18
    Apr 10, 2010 @ 11:13:59

    THIS IS IT …
    Selamat Ulang Tahun Wig
    Semoga ALLAH senantiasa memberi berkah NYA pada mu

    Semoga sehat dan bahagia selalu

    Salam dan Doa Saya Selalu
    NH18

    (i.e John Cusack wanna be)

    Reply

    • wigati
      Apr 10, 2010 @ 13:45:06

      Amin … maturnuwun om
      semoga semua kebaikan kembali terbalas untuk doa Om…
      :(( <- gak lagi acting lawan JC wannabe, terharu beneran kok…

      Reply

  28. Stova
    Apr 10, 2010 @ 16:05:53

    Semutnya ga dikasih makan ya di rumahnya?! makanya suka makanin yg jatah, mbak. Hee..

    wah dikit lagi ultah ya.. *ngarep traktiran. :mrgreen:

    Reply

  29. nurhayadi
    Apr 10, 2010 @ 21:23:21

    Selamat hari lahir.

    Reply

  30. Bee'J
    Apr 10, 2010 @ 23:38:14

    emang tuh anak kecil kadang komentarnya suka yang nyeleneh dan bikin malu.. 😀

    Reply

  31. shaleh
    Apr 11, 2010 @ 04:47:18

    Met Milad ya Mbak .. sory telat baru bisa OL krn banyak pekerjaan yg numpuk … He_.

    Moga Panjang Umur, sehat slalu dan bisa mendapatkan apapun yang diInginkan. Amin.

    Reply

  32. agoenk70
    Apr 12, 2010 @ 08:40:32

    hmmm hal-hal kecil yang terkadang suk tidak pernah kita pikirkan namun ternayata banyak makna di dalamnya yah hhihi…

    Reply

  33. Yunus Chalim
    Apr 12, 2010 @ 11:05:49

    kenapa kita sibuk dengan kepentingan dunia padahal di tempat ini hanya sementara.
    kalau ditanya, kenapa kamu tidak berbuat baik hari ini?
    jawabnya: sibuk dengan urusan kantor..
    kenapa kamu tidak mendoakan ibumu hari ini?
    sibuk berduaan dengan pacar
    kenapa, kenapa, dan kenapa?
    dan jawabanya hanya sibuk…
    semutpun sibuk tetapi ia selalu sempat berzikir untuk Tuhannya,,
    lebahpun sibuk membangun koloni nan megah, tapi ia tak pernah menghindari untuk beribadah kepada Tuhannya…

    Reply

  34. Erni
    Apr 12, 2010 @ 12:54:40

    hal-hal besar berawal dari hal-hal yang kecil, bun.
    Keep thinking ….

    Reply

  35. ngupingers
    Apr 13, 2010 @ 18:24:33

    wajahmu itu mirip apa ya…aih(lho kok malah komen gini)

    Reply

  36. Goda-Gado
    Apr 14, 2010 @ 21:28:48

    let it flow

    Reply

  37. ifin
    May 08, 2010 @ 15:43:32

    wah bner2 hal kcil yg ga prnah terpikirkan, tpi stelah mmbca malah jdi kepikiran…. *muhasabah diri*…
    salam kenal mbak…. 🙂

    http://ariefien.co.cc/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: