Penerjemah Matahari

“ha??!! kerjaan apa tuh?”..ini reaksi waktu ada ide jadi penterjemah matahari buat cari kerjaan lain setelah freelance sepi order ๐Ÿ˜€
“mbok ya, mikir yang bener jangan yang mubadzir gitu”…itu juga reaksi waktu saya nanya kira2 matahari pakai bahasa apa ya ๐Ÿ˜€
Saya ingin jadi penterjemah matahari..walaupun kedengerannya gak serius tapi ini tulus loh. Ini gara2 kemaren nonton es kutub yang terus mencair di Discovery Channel, see..bentar lagi dunia penuh air, manusia tenggelam atau mungkin hidup bawah air, jadi manusia gak akan ketemu matahari lagi, pernahkah kebayang gak bisa lihat sunrise atau merasakan hangat matahari lagi?… nah, mumpung masih bisa ketemuan & mumpung masih bisa nanya gimana keadaan bumi dilihat dari atas sana, harusnya kita bicara sama matahari ๐Ÿ˜€
Jadi, waktu Dinda tetangga keponakan yang manis itu tanya sambil kipas2 di tengah hari di suatu cerita perjalanan di tol Cikupa, saya tahu saya punya partner penterjemah.
Dinda = “Kok gerah ya te, biasanya mau hujan yah?”
Cuaca memang sedang tidak berbaik-baik beberapa hari ini, gerah tanpa mendung pasti ada hubungan sama matahari.
Saya lirik matahari, dia sibuk berpendar-pendar.
Saya = “Hmmm gara2 cerobong nih Din…itu tuh, cerobong pabrik, cerobong kapal, asap knalpot truk, kan asapnya hitam..asap-asap itu naik ke langit. Matahari pikir itu mendung, jadi turunlah hujan. Nah, apa jadinya kalau gak waktunya..banjir, longsor. Matahari serba salah. Karena ngerasa bersalah itu matahari ngirim alarm panas ke kita…gerah deh”
Dinda = “Hoo, jadi matahari ketipu”
Dinda terperangah, saya sumringah. Hebat betul analisa kami.
Dinda = “atau gini tante…kan asapnya hitam, jadi matahari kelilipan, marah lah, nyentrongggg terus jadinya”
Dinda menggebu-gebu, saya manggut-manggut. Tim penterjemah, resmi terbentuk.
……
……
Tiba-tiba Dinda buka catatan mungilnya. “Tapi enggak ah Tante, kata Ayah ini gara-gara..gombal…worming”…
Hiyaa partner :D..hayuklah, asal bukan partner in crime..
 

Advertisements

101 Comments (+add yours?)

  1. slidepajak
    May 11, 2010 @ 06:15:05

    great post..
    ijin tuker link ?

    Reply

  2. Masdin
    May 11, 2010 @ 06:49:12

    Oh… jadi terjemahannya begitu yah ๐Ÿ˜€
    Gara-gara gombal worming, wakakaka…..

    Btw bukan “penterjemah” mbak, tetapi “penerjemah”, huruf KPTS jika mendapat awalan/akhiran mengalami perubahan ๐Ÿ˜€

    Reply

  3. didot
    May 11, 2010 @ 06:56:19

    owh gitu toh? kirain kamu mau nyaingin doraemon wi ๐Ÿ˜›

    gimana kalau jadi penerjemah alam aja kalau gitu wi? tanggung kalau cuma matahari,kan alam lebih luas jangkauannya?

    ada air,ada udara,ada tanah,ada binatang,ada tumbuhan,dan ada gempa (ada gempa lagi di aceh kemarin katanya) ,de el el ๐Ÿ™‚

    Reply

    • wigati
      May 11, 2010 @ 08:06:01

      waduh, kayaknya dimarahin nih *nunduk2*
      penerjemah alam? aku masih sadar diri sebagai manusia mas *emang eikeh makhluk apaan :D*, yang bisa penerjemahkan alam hanya Pemiliknya pasti. Ini aku post, biar Dinda&temen2nya tau pendapatnya soal global warming itu penting. .perduli sama bumi itu penting..
      selamat hari selasa ah, semoga cerah ceria ^_^-dora the explorer

      Reply

      • didot
        May 12, 2010 @ 22:52:06

        semua tanda2 alam itu kan ada maksudnya wi,karena gak ada yg kebetulan ,jadi kita memang disuruh memikirkan kejadian2 alam kok ,dan kita sebenarnya bisa menerjemahkannya dengan hati kita ,bukan dengan akal pikir kita ,karena akal pikir kita amat terbatas, jadi disuruh mikir itu hakekatnya untuk supaya kita sadar ,bahwa kita ini akalnya amat terbatas,dan Allah itu maha besar,jadi nerjemahinnya pake hati kita.

        nah kalo hati kita itu luasnya tidak berbatas,tergantung keikhlasan kita. gunung tak sanggup menampung Allah,lautan pun tak sanggup,tapi hati manusia yg bersih dan lapang bisa memuat Allah ๐Ÿ™‚

        wallahualam,ini sekedar pendapat dari manusia yg amat terbatas pula ilmunya. maaf komennya panjang hehe ๐Ÿ˜›

        (QS 2: 164) Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.

      • wigati
        May 13, 2010 @ 13:20:48

        ooo..jadi bahasanya pakai bahasa hati yang penuh sama Allah, jadi gak melenceng dari sunnatullah..

  4. nakjaDimande
    May 11, 2010 @ 08:21:17

    Pagi Wiii..!

    ngga bertemu matahari..? hmm, ngga ada lagi kemilau pagi.. dan tiada senja yang keemasan ๐Ÿ˜ฆ

    tp gpp berarti Deni manusia ikan jadi banyak temannya ๐Ÿ˜€

    Reply

  5. isnuansa
    May 11, 2010 @ 08:28:52

    Hahaha, gombal worming, baru denger tuh… ๐Ÿ˜‰

    Matahari tuh yang pasti sekarang lagi Moody, gampang bete, dikit-dikit ngambek, hujan dan panas ganti-gantian tanpa alasan jelas… Bikin BT.

    Reply

  6. Bee'J
    May 11, 2010 @ 09:26:51

    lama tak berkunjung kesini…
    selamat pagi mba…
    ….:::::-Salam Semangat-::::….. ๐Ÿ˜€

    Reply

  7. Lilah haryoko
    May 11, 2010 @ 09:47:09

    Canda kalian boleh juga, ah si dinda gombal worming ?

    Reply

  8. sunarnosahlan
    May 11, 2010 @ 10:01:59

    kayaknya perlu ada negeri senja nih, biar nggak panas-panas amat

    Reply

  9. bundadontworry
    May 11, 2010 @ 10:38:31

    hahahah….gombal wormingnya dinda hebat ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    kelihatannya hari2 ini matahari memang lagi ‘ngambek’ dan bete terus ya, kadang2 mendung, tiba2 cureng2 lagi ……..
    salam

    Reply

  10. Goda-Gado
    May 11, 2010 @ 11:09:06

    kenapa org2 selalu yg dibahas global warming sih
    dan lalu melakukan keg2 yg “aneh”.
    sementara praktek ‘menyakiti’ bumi justru dilakukan negara-negara yg bikin isu global warming.
    sementara negara negara berkembang disuruh ngelola hutannya agar jgn diubah2. biar tdk negara itu tdk bisa maju.
    sekedar nanam sawit yg sama2 pohon pun dilarang..

    huft……….
    Global Warming hanya isu GOMBAL WARNING saja

    Reply

    • wigati
      May 12, 2010 @ 05:08:40

      ๐Ÿ™‚ memang susah sih mas ahmed, kalau sudah urusan negara, pemerintah..tapi di level kita ayo jangan nyerah, sebisa mungkin tetep semangat berkontribusi, yang sepele aja, gak buang sampah sembarangan, nanam pohon di rumah, drainase kampung dibenerin, bikin biopori dsb dsb..^_^ salam cerah…

      Reply

  11. mahesapandu
    May 11, 2010 @ 14:09:28

    andai semua bisa jadi penerjemah,
    dan mendengar suara-suara
    betapa bumi semakin tua dan merintih..

    Reply

  12. lia sikupu
    May 11, 2010 @ 14:28:19

    matahari kelilipan?
    gombal warming?

    hehe dinda pintar yaaa..

    Reply

  13. TUKANG COLONG
    May 11, 2010 @ 14:44:17

    hihihi
    gombal worming..:)

    Reply

  14. aby umy
    May 11, 2010 @ 15:34:11

    owh gitu to, (sambil manggut2)

    makasih dah share

    Reply

  15. kyaine
    May 11, 2010 @ 17:06:51

    matahari sll menyapa saya dengan cara memberi diskon 50% + 20%. ๐Ÿ˜€

    Reply

  16. yanrmhd
    May 11, 2010 @ 20:56:26

    jyahahaha…gombal worming karena kelilipan…jadinya nyentrongggg,,, mantafff :mrgreen:

    Reply

  17. agus prist
    May 12, 2010 @ 00:16:13

    aku gak ikutan jadi penterjemah, ntar takut disalahin matahari, malah mataharinya jadi ngambek, akhirnya panas terus gak pernah turun hujan, gimana hayo…

    Reply

  18. shaleh
    May 12, 2010 @ 09:06:55

    Wahh, saya ga mau jd penerjemah matahari, saya mau jadi penterjemah air saja biar saya tau kapan banjir datang dan surut kembali … *lumayan bsa jadi peramal cuaca*

    Reply

    • wigati
      May 12, 2010 @ 11:44:54

      kebanyakan nonton Katara-Sakka ๐Ÿ˜€
      *serius* Semoga pemerintah Kandangan cepat dapat solusi ya ding, biar gak banjir terus dan anak2&guru bisa lancar sekolah

      Reply

      • shaleh
        May 12, 2010 @ 18:45:56

        Amin. Semoga, biar ga tiap tahun harus naik perahu ke sekolah … :D. Hari ini ga sempat ke pasar, ga jadi dech dapat foto kainnya … ๐Ÿ˜€

  19. sapta
    May 12, 2010 @ 10:13:18

    global warming itu tidak akan terjadi klo bumi ini dijaga dgn baik, teratur dan harus diimplementasikan.. klo cuma teori doank mah namanya gombal warning.. hehe..
    ๐Ÿ˜€

    Reply

  20. Mas Ben
    May 12, 2010 @ 11:03:45

    Jadi ingat sama Ahmad Albar saya. Niat baiknya sayang ndak didukung banyak orang. Coba kalau banyak sukarelawan yang mau ngikut dia menjilat matahari, pasti bumi jadi adem ya ? hehhehe [guyon lho ๐Ÿ™‚ ]

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    Reply

  21. Trackback: Award Jiwa Sukses « Batavusqu
  22. Haryanto
    May 12, 2010 @ 18:13:51

    terus berjuang jadi Penerjemah Matahari

    Reply

  23. NoRLaNd
    May 12, 2010 @ 18:20:23

    mantep bner, semua nya masuk akal… Bahkan obrolan dari si cilik pun masuk akal..

    Reply

  24. ketawa bersama oby
    May 12, 2010 @ 18:35:32

    gara gara global warming memangg…..

    tp gara gara siapa, global wartming ada???

    manusia yang serakah jawabannya… =)

    le’ts save our earth

    salam hangat
    dari blogger abnormal

    Reply

  25. gaelby
    May 12, 2010 @ 20:30:40

    penerjemah matahari, status dan idiom baru neh. sungguh inspiratif !

    nice to be here, salam peace n good luck !
    Dzadjakillah khairan ๐Ÿ™‚

    Reply

  26. abrus
    May 12, 2010 @ 21:00:44

    matahari pakai bahasa apa ya? matahari ditutupi/dikelilingi awan … ya pakai aja *bahasa awan … kaliii … ๐Ÿ˜›

    Reply

  27. abrus
    May 12, 2010 @ 21:03:56

    dulu ku dengar gara-gara ‘gombal mukio … ๐Ÿ˜ฆ … rupanya sudah ganti ya – ama ‘gombalโ€ฆworming … hehehe

    Reply

  28. atmakusumah
    May 13, 2010 @ 01:07:44

    Cuaca akhir2 ini emang lagi panas banget, tapi pasti dibalik itu tidak ada yg kebetulan, ada KehendakNYA dibalik segala Kecerobohan manusia yang berbuat kerusakan, dan hal ini pernah ditanyakan oleh malaikat saat penciptaan manusia (Al baqarah 30) , namun, Allah Maha Tahu, bahwa HambaNYA yang senantiasa bertasbih akan ikut serta menjaga alam ini, tidak semua berbuat kerusakan…
    Gombal Worming ? ngakak dulu ah… ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€

    Reply

    • wigati
      May 13, 2010 @ 13:49:43

      iya, sesayang-sayangnya Allah, ya Maha Adil, manusia ngerusak manusia yang dapat akibatnya…:) smoga kita bagian yang terus bertasbih ya mas..

      Reply

  29. Carideโ„ข
    May 13, 2010 @ 09:28:42

    Matahari aja bisa ketipu yah hehehehehe…

    Reply

  30. Didienยฎ
    May 13, 2010 @ 09:31:04

    mataharinya kena asap, trus terasa perih matanya…lalu mengeluarkan air mata yg menjadi hujan itu hehehehe…makin kacau deh analisaku..
    lama tak singgah kesini utk sekedar silaturrahmi..pakabar mbak wigati?

    salam, ^_^

    Reply

    • wigati
      May 13, 2010 @ 13:53:19

      ๐Ÿ˜€ gpp kacau, asal ujung2nya terus go green buat bumi mas…
      terimakasih singgahnya ya, alhamdulillah…baik mas didien ๐Ÿ™‚

      Reply

  31. d-Gadgetโ„ข
    May 13, 2010 @ 09:34:00

    betul mbak, akhirยฒ ini cuaca sedang tidak bersabat..kadang fanas lalu sebentar juga hujan…hmmmm…

    Reply

  32. darahbiroe
    May 13, 2010 @ 10:48:39

    wakwkakwa
    goimbal warming yaw
    kata yaw asing banget di telingaku
    ๐Ÿ˜€

    Reply

  33. orange float
    May 13, 2010 @ 14:34:11

    gombal worming, istilah baru lagi ya mbak ๐Ÿ˜€

    Reply

  34. nh18
    May 13, 2010 @ 16:02:21

    Hahahaha …
    ngakak koprol sayah …

    salam saya mbak WIg …

    Reply

  35. hanyanulis
    May 13, 2010 @ 21:11:52

    kalo mbahas soal gombal warming, jadi ingat seseorang neh..yang nama didot..ups, beliau jago kagak ya masalah gombal????haiiiaaahhhh, komennya ndak nyambung…Semoga saja saya ndak di timpuk bata ama si empunya blog dan juga mas didot ๐Ÿ™‚

    Reply

    • wigati
      May 14, 2010 @ 07:11:10

      hmmm..ini bener mas dika yang komen nih? mas dika itu sama jagonya sama mas didot loh, ndak cuman perkara gombal worming, jagoan neon pokonya…curiga mas didot nih yg komen *makin ndak nyambung, tenang aja stok bata habis* ๐Ÿ™‚

      Reply

    • didot
      May 14, 2010 @ 17:46:58

      hmmm ngomongin saya disini ya? hehehehe…

      *ambil bakiak ke belakang ๐Ÿ˜›

      Reply

      • wigati
        May 14, 2010 @ 22:08:33

        tenang mas dika..mas didot ambil bakiak buat dijualin, nt kita ditraktir sate pak kumis..enak deh..*ambil rantang ke belakang*

    • hanyanulis
      May 15, 2010 @ 09:38:20

      Aduh mbak, ngapai repot2 euy beli satu nya pak kumis, mending mas didot aja suruh numbuhin kumis terus suruh jualan sate juga, jadi deh “sate bang kumis”…Ya ampun, sangat luar biasa bablas dari topik awal ya mbak….

      Reply

  36. TUKANG COLONG
    May 14, 2010 @ 03:05:47

    kunjungan jumat pagi..;)

    Reply

  37. julianusginting
    May 14, 2010 @ 08:17:51

    kunjungan pagiii neh..selamat pagi…..

    Reply

  38. Rindu
    May 14, 2010 @ 08:18:09

    Gombal warming … SETUJU ๐Ÿ™‚

    Reply

  39. noto
    May 14, 2010 @ 10:35:07

    Kegiatan yg nyata mungkin bisa diwujudkan dengan segera.

    Reply

  40. ekopras
    May 14, 2010 @ 22:21:27

    ilmu baru yah….
    baru tahu nih penerjemah matahari

    Reply

  41. TUKANG COLONG
    May 15, 2010 @ 08:19:22

    berkunjung di sabtu yang cerah ini..;)

    Reply

  42. Carideโ„ข
    May 15, 2010 @ 08:54:41

    belum apdet mbak? *hanya mengingatkan saja* ๐Ÿ™‚

    Reply

  43. muhammad aanx farhan
    May 15, 2010 @ 11:28:06

    heheh..
    maaf baru maen kesini lagi mbak..???

    Reply

  44. anna
    May 15, 2010 @ 12:28:26

    hm… jadi gitu yaaa..
    matahari butuh penerjemah.. itu matahari yang mana tuh? yang di atas sana ato yang di mall? heheh…

    Reply

  45. aguskusuma
    May 15, 2010 @ 21:19:33

    kira2 yang bayar siapa?

    Reply

  46. aguskusuma
    May 15, 2010 @ 21:21:18

    jadi lucu,..kok gombal worming…

    bukan gombal wortel?

    Reply

  47. Mvstova
    May 16, 2010 @ 07:01:14

    wkwkwkkw.. gombal worming… si ulet ngegombal. ๐Ÿ˜†

    Reply

  48. achoey
    May 16, 2010 @ 11:01:05

    wigati
    bisaaaa ajaaaa

    tapi kenapa ya jarang bgt nampak d blog sahajaku hehe

    Reply

  49. ketawa bersama oby
    May 17, 2010 @ 00:20:35

    ciluk……………ba

    Reply

  50. julianusginting
    May 17, 2010 @ 08:20:24

    aq kira emang ada spesialis penterjemah matahari..wekekekee….salam darikoe…tukeran link ya…ditunggu konfirmnya thx

    Reply

  51. ipan ripai
    May 17, 2010 @ 16:47:16

    sama kang julia…

    Reply

  52. ardee
    May 20, 2010 @ 03:48:09

    kerusakan yg ada di bumi ini disebabkan oleh ulah manusia sendiri ya, mbak….?

    Reply

  53. Cahya
    May 21, 2010 @ 21:10:14

    Kalau saya nanti menerjemahkan hujan dan rembulan saja dah ๐Ÿ˜€

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: