Mak Comblang Hidup

Toko buku, bagi saya adalah tempat favorit karena seperti game scramble raksasa. Milyaran kata-kata yang tersimpan dalam susunan buku disana menunggu saya jadi mak comblang, memasangkannya dengan kosakata yang sudah ada dalam pikiran saya.
Karena menganggapnya sebagai tempat mainan, satu kebiasaan saya disana adalah membuka acak halaman-halaman buku, kadang-kadang didalamnya ada kalimat sejuk yang bikin sensasi kepala jadi seperti tong kosong, memantul tak henti di pikiran..lalu eureka.. saya dapat pencerahan 🙂
Dramatis ya, tapi seperti tadi saat saya buka acak satu halaman buku (bukunya ternyata berjudul, Melihat Tanpa Mata, Abdul Latief), disana tertulis :

“…Tuhan menciptakan segala sesuatunya berpasangan, jadi kalau ada ‘masalah’, pasti ada pasangan setianya yaitu ‘solusi’, nah tugas kita adalah menjadi mak comblang nya..”

Keren. Saya, anda, dia, kami, kita, mereka..ternyata bukan hanya mak comblang kata tapi juga mak comblang hidup, tidak perlu resah, tidak perlu takut, selama di jalanNya, Yang Maha Tahu akan menjaga kita menemukan solusi.

QS: At Thalaq(2-3) :”…Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, pasti dibukakan baginya jalan keluar, dan diberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang tawakkal kepada Allah, Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Allah tetap mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu”

Advertisements

22 Comments (+add yours?)

  1. endra
    Jul 13, 2010 @ 00:00:12

    sekali – kali pertamax di sini hehehe….
    bener mbak setiap ada masalah pasti ada solusi, tinggal diri kita gimana menyikapi masalah itu…..

    Reply

  2. nh18
    Jul 13, 2010 @ 14:57:51

    Yup …
    Pasti ada solusinya …
    Allah maha Bisa …

    Salam saya

    Reply

  3. didot
    Jul 13, 2010 @ 17:50:21

    keren banget itu kata2nya,jadi kita hanya perlu jadi ahli comblang aja ya wi?? 😀

    Reply

  4. Cahya
    Jul 13, 2010 @ 19:57:43

    Ha ha, jadi ingat dulu ada yang kencan di toko buku 😆

    Reply

  5. fanz
    Jul 14, 2010 @ 10:38:47

    kiarin mak comblang apa.. ternyata kita jadi mak comblang antara masalah dan solusinya yah 😆

    Reply

    • wigati
      Jul 17, 2010 @ 17:34:48

      😀 iya fanz, habisnya saya baru ngeh, sesederhana itu saja sudut pandang yang diperlukan biar paham, hidup ini gak pernah menthok kok selama kita mengizinkan diri ada di jalanNya..

      Reply

  6. Si "eN"
    Jul 14, 2010 @ 14:41:36

    Ku mencari solusi di blognya mbak wiwi, siapa tahu mbak wiwi bisa jadi comblangku.

    Reply

    • wigati
      Jul 17, 2010 @ 17:37:24

      comblang opo maneh mas N??..yang cantik sampeyan sudah punya, bisnis ngisi dompet sudah ada, yang Maha Nanggung Hidup sampeyan sudah kenal…sudah kumplit toh? 🙂

      Reply

  7. Si "eN"
    Jul 14, 2010 @ 14:44:49

    Ku pernah jatuh cinta sama comblang. Ki terus piye mbak wi solusine?

    Reply

    • wigati
      Jul 17, 2010 @ 17:39:10

      loh, memangnya itu masalah mas? 😀 .. jatuh cinta terbukti bikin hidup lebih hidup toh…apalagi sama Yang Maha Comblang.. saya juga pengen kalo gitu 🙂

      Reply

  8. agus prist
    Jul 17, 2010 @ 01:22:51

    “Barang siapa yang bertaqwa kepada Allah maka Allah jadikan baginya jalan keluar(dari setiap permasalahannya) Dan Dia(Allah) akan memberi rizki dari arah yang tidak disangka-sangka. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan(keperluan0nya”.(At-Thalaq 65:2-3)
    Kita tahu bahwa Allah tidak mungkin inkar akan janjinya, tapi mengapa sangat sedikit orang yang meyakininya. Padahal kita tahu Allah Maha Kuasa atas segalanya, sehingga karunia Allah tidak bisa dihitung menurut hukum kausalitas(sebab akibat) kalau begini akan begini kalau begitu akan begitu. Karunia Allah juga tidak bisa dipastikan secara matematis karena semua itu hanya semata-mata hak preogatif Allah. Sedangkan kita sendiri diperintahkan untuk ikhtiar/berusaha.

    Reply

    • wigati
      Jul 17, 2010 @ 17:45:35

      menurutku : ya memang susah sih buat orang yang gak berusaha yakin mas, gak berusaha mencari ilmu mengenal hakikat dirinya. KekuasaanNya tentang pengaturan rezeki atau surga neraka..itu kan sebenarnya pakai logika manusia saja jelas, tapi kebanyakan pemikirannya ya terhalang dunia dan nafsu manusia. Semoga kita terus mencintai ilmu biar mengenalNya ya.

      Reply

  9. oby
    Jul 17, 2010 @ 11:05:37

    kenapa sih ko gak ada mas comblang
    T~T gak adil……. <— dia yang o'on apa IQnya yang gak nyampe yak xD

    halo mbak wigati

    Reply

    • wigati
      Jul 17, 2010 @ 17:47:22

      mungkin selama ini yang mau2nya repot jadi comblang itu ya emak2 By ^_^ … <- sesama oon cuman bisa menenangkan 😀
      halo By, salam semangat ya

      Reply

  10. anna
    Jul 17, 2010 @ 18:24:32

    Hi Wi..
    udah lama nggak maen sini 🙂

    kata2 yang bagus banget Wi..
    bahwa kita punya tugas mulia sebagai mak comblang bagi masalah dan solusi dalam hidup kita masing2.

    semoga, kita selalu berhasil mempertemukan mereka ya..
    amin 🙂

    Reply

  11. shaleh
    Jul 17, 2010 @ 20:08:25

    Ka2, knp jrang OL …

    Reply

  12. Oyen udah kurus
    Jul 20, 2010 @ 13:17:41

    hohohoho, Oyen demen dah ma tulisan nyang eneh…Yuph, hidup adalah perputaran dari masalah yg satu ke yang lain, tapi juga pergiliran dari solusi yang satu ke yang lain…

    Allah hanya akan memberi ujian, keberhasilan melewatinya kitalah yang mengusahakan.. 🙂

    Apa kabar Mbakku…miz u 🙂

    Reply

  13. Sang Nanang
    Jul 20, 2010 @ 13:50:33

    kalau sudah kelihatan pintunya, nah di situlah jalan keluar terbentang………

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: