Like My Mother Does

     Lagu ‘Like My Mother Does’ mengalun sayup entah darimana. Usai menyimak liriknya saya jadi sadar, di sekeliling saya ada banyak contoh bahwa pendidikan dari ibu berpengaruh besar pada perkembangan pribadi anak. Tentu..tentu saya tidak bermaksud mengenyampingkan peran ayah dan peran lingkungan didalamnya. *ini sebelum diprotes para ayah ya πŸ™‚ *
     Untuk kaum muslim yang baru saja merayakan Idul Adha, kisah qurban nabi Ismail AS adalah contoh menyentuh, betapa taat dan ikhlasnya seorang anak. Itu tidak mungkin didapat dari hasil didikan ibunya, Siti Hajar, dalam semalam kan ?
Cerita tentang peran ibu yang juga saya suka adalah cara ibu dari Thomas Alfa Edison dan ibu dari Gus Dur(KH Abdurrahman Wahid).
Tapi ada satu. Satu cerita istimewa yang saya suka.
     Waktu itu saya masih mahasiswa baru. Ada satu teman laki-laki yang paling bandel dan berantakan, saya selalu menjauhinya, karena anggapan saya, anak-anak seperti itu pasti anak yang tidak mau mendengarkan orangtuanya, apalagi ibunya. Jadi buat apa saya berbaik-baik dengan orang yang tidak menghormati kaum saya.
     Tapi ternyata..suatu saat kami jadi satu kelompok saat mengerjakan tugas essay tentang peran ibu.
Saat yang lain sibuk memikirkan tokoh dunia perempuan. Dia : ‘kalau menurutku yah, perempuan paling baja itu mamah(ku), contohnya, dia gak suka masak dan harus kerja pagi, tapi berusaha bikin sarapan buat orang serumah. Gak ada bubur ayam kayak gini nih, komplit bergizi pokonya’ celotehnya sambil menunjuk bubur ayamnya yang polos.
Kontan kami yang semeja jadi terbengong2 tidak mengira, kalimat seperti itu bisa keluar dari tampilannya yang garang.
Dia : ‘mamah banyak jasanya. cinta pertamaku pokonya. nanti kalau punya pacar aku cari yang seperti mamahku’
So sweet πŸ˜€
     Keikhlasan selalu berbuah kebaikan. Maka salam takzim saya untuk para ibu ‘baja’ di luar sana, yang selalu tulus mendidik dengan penuh kasih, semoga bahagia & surga untuk ibu.
     
     
     
untuk mami, terimakasih ‘madu’nya πŸ™‚

4 Comments (+add yours?)

  1. kang nur
    Nov 10, 2011 @ 11:14:39

    masih update ya mbak, masih ingat saya ga…?

    Reply

  2. Asop
    Nov 10, 2011 @ 13:45:23

    Wanita memang luar biasa. πŸ˜₯

    Reply

Leave a Reply

