Pancing

                                                                       

                                                    Namanya Mamat, kelas 6 SD, pulang sekolah nyambi pemulung

Kalau kebetulan melihat saya, sebelum mengaduk sampah dia akan menyapa “permisi bu”, kalau saya yang menyerahkan barang-barang bekas itu dia akan sedikit membungkukkan badannya “terimakasih bu”. Suatu waktu saya bertanya banyak tentangnya, dia menunduk, wajahnya memerah. Pemulung kecil mungkin lumrah adanya, tapi yang pemalu dan santun begini saya rasa tidak banyak, saya jadi tertarik memperhatikannya.
Dia suka memancing ikan. Di seberang rumah saya, ada saluran air yang cukup lebar tapi dangkal, anak-anak suka berebut ikan atau kepiting kecil disitu. Kalau sudah disana dia berubah, suaranya ceria wajahnya cerah

Mamat = “Aku ya..besok akan punya bengkel sendiri”, ini celotehnya waktu benang pancingnya kusut tersangkut jeruji sepedanya. Rupanya cita-cita Mamat tidak ikut kusut.
Mamat = “kata Bapakku, mancing itu ngajari sabar”, waktu hari hujan tapi gak seorangpun menangkap ikan. Sabar berjuang untuk hidup layak dan bisa sekolah.
Mamat = “siap-siap..ikan itu mendadak datangnya”, teriaknya waktu perangkap ikan dari keranjang bekas selesai dia bagikan ke teman-temannya. Bersiaplah kawan..kita tidak tau kapan kesempatan datang.

Entahlah, makin lama memperhatikan Mamat sepertinya justru saya yang terpancing berpikir..betapa nikmatnya bisa menempatkan hidup seperti Mamat, yang kalau hari ini tidak mendapatkan ikan/rongsokan kan pun dia akan tetap berusaha, untuk keadaan yang lebih baik, sampai berpamitan ceria “besok lagi yaaaa” 🙂

Selamat memancing di bulan penuh berkah Ramadhan, narablog, semoga anda selalu cerah ceria.

 

2 Comments (+add yours?)

  1. caksae
    Aug 05, 2012 @ 13:09:45

    mamat kecil mengajarkan ke kita utk bersyukur. matur nuwun … tulisanne bu. caksae

    Reply

Leave a Reply

