Zenith

Sewaktu masih kecil entah kenapa saya agak antipati pada orang kaya, dipandangan saya mereka itu arogan dan kikir. Syukurlah setelah tua besar begini, Tuhan berkenan menunjukkan pandangan saya itu salah, bahwa ada banyak orang kaya yang baik di dunia ini.
 
Dia teman yang paling cantik di peer group saya, cantik luar dalam, saya saja sungguh betah lama-lama memandang dia. Tapi bukan itu yang membuat saya menghormatinya, beliau punya jawaban istimewa setiap kali kami memuji “teteh ihh… cantik sekali”.
Katanya = “Allah lah yang menutup semua kekurangan saya”. Memang cantik.
 
Sebuah keluarga terpelajar, sang orangtua adalah doktor dan pemegang jabatan penting di sebuah departemen, mempunyai anak-anak istimewa, ada yang indigo, ada yang superior. Tapi setiap kali bicara atau mendengarkan penjelasan mereka, tidak ada kata-kata susah atau asing yang saya dengar, semua hal malah jadi gampang difahami.
 
Seorang juragan kos yang menggurita bisnisnya, masih menyempatkan diri membantu mengapur masjid megah yang dibangunnya. “kalo bersih-bersih gini, gak sekali dua kali loh neng, bapak dijulurin sedekah sama orang yang sholat disini…hahaha bapak memang gak bisa dandan klimis”, ringan saja beliau bercerita.
 
Sikap mereka menghadapi anugerah hidup mengantarkan mereka ke zenith saya. Tapi begitulah rupanya standar orang-orang kaya yang mulia : tidak merendahkan diri dengan menghina orang lain, juga tidak melambung meninggikan diri dengan sikap sombong dan senang dipuji.
Atau..mungkin juga karena mereka sadar kalau melambung tinggi sampai ke luar angkasa mereka akan jadi alien bukan manusia 😀

Leave a Reply

