Merdeka

“Takaran watak jujur seseorang itu apa yang dia lakukan waktu dia tau gak ada seorangpun yang melihat yang dia perbuat. Dan jujur itu sifatnya memerdekakan”. Saya buru-buru mencatat kata-kata guru di depan. Bolpoin beradu dengan pikiran saya.

Saya..saya ini orangnya apa adanya, jujur, saking apa adanya kadang bicara saya tidak terkontrol, yang penting saya sudah keluarkan penilaian saya terserah orang lain menerimanya bagaimana. Kata orang, saya jarang bicara tapi sekali bicara bisa mak nyelekit :).
Saya menghela nafas, tidak sengaja melirik ke sebelah…ah saya kenal baik teman saya yang di sebelah ini, ibadahnya masih bolong-bolong tapi hatinya bersih…bertahun saya berteman belum pernah mendengar dia bicara yang menyakitkan atau menjelek-jelekkan orang lain. Sedangkan saya..saya rajin ibadah tapi mulutnya pedas.

“NGINGG….” suara mikrofon berdenging menyadarkan saya,
“..ada seorang laki-laki, yang diikuti Abdullah bin Amru, dijamin masuk surga, ternyata karena dia tidak bicara selain yang baik-baik saja, tidak pernah tidak tulus dan juga tidak pernah iri atas rezeki orang lain…” suara guru yang timbul tenggelam sedang lanjut bercerita.

Saya belajar menyimpulkan bahwa ternyata di atas kejujuran ada nilai yang lebih tinggi: ketulusan. Kalau sudah tulus, kita akan merdeka untuk tidak punya beban apa-apa.

2 Comments (+add yours?)

  1. Oyen
    Jul 03, 2013 @ 14:39:54

    berguru pada tulisan… lagi πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

