Uang untuk tua

manajemen_uang
        Akhirnya saya menyelesaikan membaca buku bagus ini. Rasanya sudah lama, sejak terakhir saya merasa begitu terpengaruh isi sebuah buku, sampai punya pemahaman baru…eh sebenernya sih karena saya makin jarang baca buku juga :D.
        Saya ingin berbagi dengan anda. Awalnya karena saya ingin punya pemasukan pasif, maksudnya saya ingin terima uang dengan sedikit atau bahkan tanpa bekerja..hehehe contoh malas yang baik ya ini. Mulailah bingung karena pemasukan aktif saja sedikit apalagi pasif, bertanya pada perempuan-perempuan terdekat yang kondisinya sama dengan saya, ibu rumah tangga yang sebagian besar waktunya di rumah, saya tidak menemukan jawaban yang memuaskan. Bertanya pada teman-teman yang masih aktif bekerja, lumayan ada gambaran, uang bisa ditabung atau di deposito, pemasukan pasifnya dari bunga bank yang kita terima. Ada juga yang menyarankan membeli emas, bagus juga, tapi saya bingung menyimpan fisiknya, kebetulan juga saya tidak begitu suka pakai perhiasan :).
        Saya ingin pendapat yang bisa dipertanggungjawabkan, pergilah saya ke toko buku, katanya ada financial planner, profesi yang makin nge-trend itu tuh :), yang bisa ngasih penjelasan, saya cari-cari yang penulisnya perempuan dan bisa menjelaskan dengan bahasa sederhana.
        Ada 3 yang saya suka, buku prita h ghozie, ligwina hananto dan farah dini novita. Pengen beli tiga-tiganya, tapi saya ingin beli novel & komik juga hehehe. Saya jadi harus pilih 1 buku dulu. Buku Ligwina hananto, ‘untuk indonesia yang kuat’ bagus, tapi buat saya dibeberapa bagian terlalu global, saya kan butuhnya yang membahas alternatif investasi buat pemasukan pasif. Buku Farah dini novita, ‘finchickup’ juga bagus, tapi saya kurang sreg dengan cara penulisan yang memakai bahasa gaul, di beberapa bagian saya jadi bingung karena kesannya kurang serius. Jadi, saya pilih buku Prita, ‘jadi cantik, gaya, tetap kaya’.
Cukup lengkap sih untuk saya yang awam manajemen tentang uang :
-ada cara menyusun arus kas pribadi sekarang,
-cara menyusun rencana keuangan untuk masa depan,
-ada penjelasan kenapa harus menghindari utang/kredit jelek, kredit juga ada yang baik kan, kpr misalnya, kredit pisang misalnya..kripikkk itu yaa *joke lawas šŸ˜€
-kenapa harus berinvestasi dan macam2 investasi yang cocok dengan kepribadian kita, karena kan ada pribadi yang butuh selalu merasa aman dan pasti, jadi invest-nya di tabungan/deposito/reksa dana pasar uang. Ada pribadi yang butuh merasa aman tapi berharap return besar, invest-nya di emas/ properti/ ORI/ reksa dana pendapatan tetap.Ada juga pribadi yang berani mengambil resiko berharap return besar jadi berani invest di saham/reksa dana saham.
        Intinya sih, wanita harus bisa mengenal & menghargai diri sendiri dengan mempersiapkan masa depan yang baik, apapun profesinya bahkan jika ‘hanya’ sebagai ibu rumah tangga. Gitu..
Selamat membaca šŸ™‚

2 Comments (+add yours?)

  1. Goda-Gado
    Mar 26, 2015 @ 21:15:36

    Bisa berbagi cara investasi atau nabung atau apalah namanya yg diterapkan di mbak?

    Barangkali istri sy juga bisa belajar dan bisa saling berbagi.
    Kalau istri sy sy dorong untuk menabung sisihan uang dr sy, dan kalau sdh cukup, sy sarankan untuk dibelikan emas LM secara berkala. Kalau sdh mencapai 10 gr.

    Kalau untuk KPR, tugas saya.

    Reply

  2. wigati10
    Mar 27, 2015 @ 09:29:10

    Duh, salut saya untuk tipe suami begini (y), rumah tangga sesungguhnya ini ya mas, saling menjaga&mendukung :). Aduhhh…bicara ngatur uang,saya juga masih belajar kok *malu*. Kalo kata ahli, cara menabung&investasi itu tergantung tujuannya, idealnya semua ada ya, yang bisa u harian(tabungan) + menengah, dibawah 5 tahun(spt deposito) + jangka panjang(spt saham&properti). Tapi diatas semua investasi, jangan lupa persiapkan asuransi kesehatan juga :). Inginnya …akan senang sekali kalau saya bisa berbagi langsung dengan istri mas :). Salam hormat saya untuk mas&istri ya, semoga sukses dunia akhirat.

    Reply

Leave a Reply

