Prioritas

Seorang kenalan mengeluh, “gila ya, kerjaan gue gak habis2, kapan ketemu anak gue gini caranya”, baru beberapa waktu lalu dia naik jabatan. “lah..kenapa mau ditambah kerjaan?”, “ya, gimana lagi..udah ditunjuk bos, lagian cuma gue yang bisa ngerjain”
Saya ndak bermaksud menghakimi, tapi saya jadi bercermin : betapa pentingnya punya rencana & prioritas hidup.
Kalau kata Rene Suhardono, : jangan memilih pekerjaan yang menjauhkan kita dari tujuan hidup.
Ya iya sih, logikanya, kalau punya tujuan, lalu ditengah jalan diberi pilihan, dia pasti bisa menentukan prioritas.
Misal, tujuannya atau rencananya, punya pekerjaan yang masih bisa punya waktu untuk anak, ya pilih jabatan yang akomodir, boleh-boleh saja kan menolak promosi jabatan :). Begitupun kalau sudah menyanggupi suatu jabatan tertentu ya harus faham dulu segala konsukuensinya, lalu jalani seprofesional mungkin.
Kalau tempat kerja ndak memungkinkan untuk membuat pilihan..cari tempat lain atau bikin sendiri 🙂
Tiap orang berhak punya rencana berbeda-beda, bahkan yang paling eksentrik sekalipun, ‘saya mau jadi perempuan kaya, bisa belanja apapun yang saya mau’..ya dijalani saja kerjanya, setiap tujuan butuh pengorbanan kan.

Tapi mungkin, semua jadi berbeda kalau ada hubungannya sama cinta ya..kalau sudah melibatkan perasaan, orang susah mengkaji, keputusan ini sesuai tujuan hidup tidak, alasan-alasannya masuk akal tidak, saya sanggup tidak melakukannya. Yang dipikir hanya yang dicinta, apa keputusan ini bisa membahagiakan dia. Susahhh 😀

Kembali lagi ke topik, yang jelas, dalam bekerja, seseorang pasti ada dalam sebuah team. Di jabatan tertentu malah mempimpin team. Pastikan kita bertanggung jawab tidak hanya pada diri sendiri tapi juga pada team. Pastikan juga bukan hanya hasil kerjanya yang sesuai tapi juga prosesnya.

Eh ini menurut saya loh ya…manajer rumah tangga yang mendadak jadi pengamat hidup :D… karena saya perduli pada kebahagiaan orang-orang disekitar saya 🙂

 

Leave a Reply

